Anda Ingin Menjadi Pebisnis Sate yang Sukses? Berikut Tips dan Triknya

Terdapat banyak macam bisnis masakan di berbagai tempat pelosok Nusantara. Salah satu diantaranya adalah bisnis makanan sate. Masakan yang berasal dari tanah Jawa ini sudah menjadi kuliner favorit warga Indonesia. Karena itulah, pada kesempatan ini penulis bakal memberi penjelasan mengenai usaha sate.

Usaha sate tak jarang dijual bersama sup atau gulai daging hewan yang dihasilkan dengan menambahkan campuran tulang dengan kikil daging hewan. Daging hewan yang sering dikonsumsi untuk membuat sate tak jarang mengambil bagian paha sebab bagian ini lebih lunak sehingga lebih lezat.

Pengolahan daging sate harus sedikit demi sedikit agar daging sate tidak keras dan tidak meninggalkan aroma khas yang tajam. Sedini mungkin sebelum daging sate tusuk dibakar, daging hewan sebaiknya dibalut memakai daun pepaya biar tidak alot. Daging hewan yang masih muda juga lebih mudah dikonsumsi daripada dengan daging hewan yang sudah tua. Kisaran usia daging hewan muda yang bagus untuk membuat bisnis sate ialah tiga sampai 5 bulan.

Penjual sate tusuk bisa berjualan di sisi kanan kiri jalan raya di area sekitar pasar ataupun daerah dekat kampus. Biasanya, antar penjual sate tusuk memiliki aturan bahwa untuk lokasi tertentu hanya terdapat satu penjual sate saja. Maka, Anda perlu memperhatikan area sekitar lokasi sebelum memutuskan berjualan di suatu tempat harapannya agar tidak timbul kecurigaan.

Perlengkapan yang diperlukan untuk membuka bisnis kuliner sate seperti gerobak, tenda, meja kayu, kursi, panggangan sate, pisau, dan kipas angin. Sarana dan prasarana makan contohnya piring, mangkuk, gelas kaca, sendok makan serta garpu makan.

Sedangkan pelindung tenda bisa dibuat berukuran kecil atau sedang tergantung dimensi warung dan tingkat tingginya konsumen. Meja makan dari kayu bisa disediakan minimal satu hingga paling tidak ada 2 meja dengan kursi 6 sampai sepuluh buah kursi.

Pemilik bisnis dapat menyelesaikan masalah sendiri atau menyuruh sejumlah karyawan. Bawahan dapat bertugas melayani orderan konsumen atau membakar sate. Bawahan sebaiknya ditraining dahulu cara kerja melayani pembeli sate yang tepat supaya mengetahui tingkat kematangan daging secara benar.

Baca juga  Peluang Usaha Ikan Laut
Iklan bisa memanfaatkan banner bertuliskan jenis usaha yang dipasang sekitar tenda atau gerobak dorong Anda. Banner dapat ditambah gambar sate tusuk yang menarik sehingga dapat mendatangkan konsumen. Pemasaran berikutnya bisa dilakukan dengan membuat brosur, terutama ketika melayani pesan antar, melayani pesanan sate hajat pernikahan maupun acara ulang tahun.
Kelemahan usaha sate antara lain merebaknya penjual makanan serupa. Mutu dan perihal harga yang ditawarkan oleh pedagang beraneka ragam sehingga penjual sate pemula harus bisa menemukan celah agar bisa bersaing.

Di bawah ini merupakan beberapa trik menjalankan usaha sate yang dapat Anda praktikkan:
1. Menjaga kualitas dan citarasa dengan proses antara lain bumbunya lezat serta daging yang empuk. Daging sate yang empuk secara tidak langsung dapat memperluas sasaran target usaha Anda, lantaran mulai dari anak-anak sampai orang berusia lanjut dapat memakannya dengan gampang.

2. Lokasi yang ramai tidak bisa dipastikan berpotensi sebagai area usaha sate. Sasaran konsumen sate tusuk dapat disejajarkan dengan kelas menengah ke atas dalam hal ekonomi. Penyebabnya adalah harga satu porsi sate dianggap cukup mahal untuk sebagian orang. Lokasi tak jauh dari perkantoran, perumahan mewah, central jajanan ialah sebagian contoh kecil strategis tempat untuk bisnis sate panggang.

3. Menjalin kesepakatan kerjasama dengan supplier. Di waktu-waktu tertentu misalnya hari besar agama, harga daging sate panggang mengalami kenaikan harga yang tinggi gara-gara tingginya permintaan dari konsumen. Menjalin kerjasama dengan rumah potong hewan ataupun peternak daging hewan bisa mengurangi kejadian yang tak diinginkan seperti kekurangan stok daging juga melonjaknya harga yang membumbung tinggi.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-jual-sate/

Peluang Bisnis Ikan Fresto

Usaha ikan fresto patin memang saat ini masih tidak terlalu dikenal orang-orang. Walaupun sebenarnya bisnis ikan fresto patin ini memiliki potensi yang sangat menarik. Hal ini karena adanya ketentuan pemerintah tentang pembatasan import ikan fresto, karenanya menjadikan fresto budidaya ikan fresto dalam negeri menjadi semakin baik.

Ikan fresto Patin merupakan jenis ikan fresto air tawar yang bisa ditemukan di kawasan-kasawan sungai dan rawa-rawa. Pada dunia perikan frestoan, ikan fresto Patin dikenal sebagai komoditi yang bagus. Rasa dagingnya yang enak dan gurih mengakibatkan harga jualnya mahal.

Ikan fresto Patin mempunyai kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan ikan fresto jenis lain, Terlebih lagi bagian dua asam lemak esensial, DHA sebesar 4,74 % dan EPA sebesar 0,31 %. Kadar lemak total yang terkandung dalam tubuh ikan fresto patin adalah sebanyak 2,55 % sampai dengan 3,42 %, dimana asam lemak tak jenuhnya adalah di atas 50 %. Asam oleat adalah asam lemak tak jenuh tunggal yang terbanyak yang terdapat di dalam tubuh ikan fresto patin yaitu sebesar 8,43 %.

Berlandaskan hasil dari LAB, kandungan gizi di tubuh ikan fresto patin yang merupakan lemak tak jenuh (USFA sebesar 50 %) amatlah bagus bertujuan untuk mencegah muculnya resiko penyakit Kardiovaskular. Lemak tak jenuh juga bermanfaat untuk menurunkan besarnya kadar kolesterol total dan kolesterol LDL yang terkandung pada darah sehingga bisa menghentikan fresto penyakit jantung koroner. Apabila dilihat dari kecilnya kadar lemak yang terdapat dalam tubuh ikan fresto Patin ( 21-39 mg/100 gram), maka khasiat ikan fresto Patin sangatlah bagus untuk Anda yang lagi menjalankan program untuk menurunkan berat badan karena dapat mengurangi asupan kolesterol harian pada menu makanan.

Untuk melakukan bisnis ikan fresto patin, Anda harus memperhatikan fresto medan yang akan digunakan. Tanah yang digunakan merupakan tanah liat. Dengan jenis tanah liat, massa air yang besar tidak akan bocor menembus ke dalam tanah sehingga bisa digunakan sebagai dinding kolam. Agar memudahkan pengairan, lebih baik kemiringan tanah untuk pembuatan ikan fresto memiliki kisaran antara dua hingga lima persen. Air yang dipakai adalah air yang bersih. Air yang digunakan juga haruslah air yang tidak terlalu keruh, terbebas dari bahan-bahan kimia dan juga limbah pabrik. Masukkan larutan penghilang jamur supaya air tidak mudah tercemar oleh jamur-jamur liar. Kalau suhu air, cukup dengan suhu standar yaitu 26 hingga 28 derajat celcius. Agar lebih memaksimalkan perkembangan Ikan fresto Patin, Keasaman air harus berkisar antara PH 6,5 sampai 7.

Baca juga  Cara Mudah Membuat Sari Kulit Buah Manggis
Makanan merupakan salah satu faktor yang paling berpengaruh pada perkembangan ikan fresto patin. pakan juga menjadi indikator apakah Anda bisa berhasil menjalankan usaha ikan fresto patin atau tidak. Makanan ikan fresto yang digunakan kepada ikan fresto patin adalah pelet, Anda juga bisa menggunakan makanan alami seperti ikan fresto, kerang, sisa dapur dan sebagainya. Makanan lain juga bisa menjadi tambahan karena memiliki protein yang bagus. Makanan digunakan kepada ikan fresto patin paling tidak 2 kali sehari di waktu pagi dan petang. Jumlah takaran pakan adalah 3-5 persen dari berat tubuh ikan fresto patin, jumlah pakan akan berubah seiring berat ikan fresto Patin yang bertambah. Untuk mengenali beratnya cukup ambil contoh 5-10 ekor ikan fresto patin.

Ikan fresto patin dapat tumbuh sampai lumayan besar. Dan telah dikenal sejak jaman dahulu sebagai ikan fresto untuk di pancing atau juga sebagai ikan fresto konsumsi. Bahkan jika kita perhatikan fresto lagi dari sudut pandang bisnis, ikan fresto patin tersebut memiliki peluang bisnis yang masih sangat terbuka lebar hingga dapat digunakan sebagai usaha kecil-kecilan yang menjajikan fresto.

Bahkan olahan dari ikan fresto ini lumayan enak, karena jenis ikan fresto tawar yang satu ini dapat dibilang sebagai jajaran daging ikan fresto yang murah dan lezat.

No comments:

Post a Comment

Membuka Usaha Roti Coklat

Mendirikan bisnis pembuatan roti dengan skala rumahan bisa menjadi pilihan untuk Anda yang masih mencari bisnis yang profitabel. Bisnis ruma...