Cara Memulai Bisnis Es Batu Kristal yang Mudah

Kebutuhan Pribadi dan Pasar akan Bisnis Es Batu
Sekarang ini es batu telah nyaris menjadi keperluan primer. Baik itu berupa kebutuhan bagi individu maupun pasar. Bagi individu, es batu diperlukan dengan tujuan membuat minuman atau mendinginkan makanan. Di sisi lain bagi industri atau pasar, es batu dipakai bertujuan membuat produk atau mengawetkan produk. Misalkan seperti es batu menjadi pendingin untuk minuman es sampai dijadikan bahan pengawet untuk ikan-ikan yang dikirim dalam box kontainer.

Peluang Bisnis Es Batu
Mungkin tak banyak yang tahu, bahwa sebenarnya lumayan banyak kebutuhan es batu di pasaran. Memang, bila cuma melihat bisnis “jual es batu” rumahan yang biasanya terdapat di rumah-rumah atau pinggir jalan, tak terlihat bila bisnis tersebut lumayan menghasilkan. Akan tetapi yang harus kita perlu untuk ketahui adalah bisnis es batu tak hanya terdapat di “jual es batu” pinggiran atau rumahan itu, tetapi ada yang lainnya.

Baca juga  Mencicipi Peluang Usaha Jus Strawberry Dengan Keuntungan yang Tinggi
Di rumah makan atau restoran misalnya kita ambil contoh. Restoran memerlukan es batu untuk mendinginkan makanan atau minuman. Selain itu rumah makan juga memakai es batu untuk mendinginkan bahan makanan seperti Ikan. Yang mana tujuan ikan itu didinginkan sebelum dimasak adalah agar ikan tetap segar.

Selain rumah makan kita bisa mengambil contoh di usaha perikanan. Sebagaimana yang kita tahu bahwa Ikan harus lah tetap segar hingga terjual kepada konsumen supaya terjaga kualitasnya. Seringkali ini menjadi kendala karena waktu proses pengiriman, kesegaran ikan hilang atau berkurang karena suhu. Maka Ikan harus dipelihara agar tetap dingin, segar, dan lembap selama proses pengiriman. Salah satu cara untuk melakukan penjagaan itu adalah dengan mengirimnya dalam box atau wadah tertutup yang memiliki suhu dingin. Dan salah satu untuk mendinginkan suhu di box atau wadah tersebut adalah dengan memberinya es batu.

Sehingga keperluan pasar terhadap es batu tak bisa dibilang kecil. Maka mesti ada yang memenuhi kebutuhan sekaligus peluang bisnis es batu ini.

Ruth Harso, pemilik Ice Cube Crystal bisa memproduksi kira-kira 10 ton es batu kristal setiap harinya. Es tersebut ia beri harga seharga 1400/kg es batu kristal. Dari penjualan dengan harga tersebut ia bisa mendapat profit sampai lima puluh persen.

Ahmad Zalu Wibowo bertinggal di Cijantung, Jakarta juga menjalani bisnis es batu kristal. Beliau menghasilkan 4 ton es batu kristal per hari. Es batu itu dia jual dengan harga 1200 per kilogramnya. Dari penjualan tersebut dia meraup profit hingga 20%.

Ahmad menyampaikan bahwa pengguna es batu kristal tidak hanya terbatas di restoran dan rumah makan saja. Orderan es batu dapat datang dari pagelaran event-event, misalnya seperti Java Jazz. Acara-acara seperti Java Jazz bisa membutuhkan es batu sampai 10 ton per hari.
Di dua contoh kesuskesan bisnis es batu di atas yang kami kutip dari peluangusaha.kontan.co.id, dapat kita simpulkan bahwasannya bisnis es batu memiliki potensi profit yang tidak kecil.

Baca juga  Peluang Usaha Sate Ambal di Berbagai Kota di Indonesia
Kebutuhan dalam Menjalankan Bisnis Es Batu
Tempat
Modal yang pertama harus kita adakan adalah modal tempat. Memang barang es batu ini tak terlalu begitu, tetapi bila kita telah bermain di level “ton-ton-an” pasti harus mempunyai tempat yang besarnya memadai. Bahkan selain tempat yang mencukupi, kita juga membutuhkan tempat yang terjaga suhunya dan bersih. Tentu kalau tempat kotor akan menimbulkan risiko kotornya es batu. Dan tentu kalau tempatnya tidak tahan panas akan menjadikan es tidak awet.

Di tempat itu kita akan melaksanakan proses pembuatan es batu dengan bantuan mesin dan alat yang kita telah miliki. Di samping itu, kita juga memerlukan tempat itu sebagai penyimpanan sementara sampai es batu dikirimkan ke pengguna.

Alat Pembuat Es Batu
Untuk menghasilkan es batu dengan skala besar tentu kita memerlukan alat pembuat es batu atau freezer khusus.

Kita ambil contoh Ahmad di atas. Dia mengeluarkan 200 juta untuk memperoleh 3 unit mesin pembuat es dengan pemasangannya. Sedangkan bangunan seluas 200 meter persegi sudah ia punyai sebelumnya. Mesin yang ia peroleh dari Jepang itu bisa menghasilkan dua ratus kg es kristal dalam waktu 4 jam.

Sedangkan mesin penghasil es batu yang lebih ekonomis dapat didapatkan di ramesia mesin.

Pengiriman
Kita juga harus menyiapkan semua yang dibutuhkan untuk pengiriman, seperti misalkan packing dan kendaraan. Yang harus diperhatikan dari packaging tersebut adalah kemampuan untuk memelihara suhu dingin dan kehigienisannya. Sedangkan yang patut dilihat dari kendaraan adalah bahwa kendaraan itu patut bisa membawa dan menampung es sampai kuantitas ton.

Sumber : https://ramesia.com/cara-bisnis-es-batu-kristal/

Peluang Bisnis Sayuran Bayam

Sayuran menjadi kebutuhan untuk menunjang kelangsungan hidup setiap keluarga. Sayur mayur digunakan untuk bahan memasak hampir setiap hari. Sayuran memang telah menjadi kebutuhan pokok untuk masyarakat di Indonesia dan permintaan pasar akan sayur mayur setiap harinya sangat tinggi.

Ada banyak jenis sayuran dan nikmat rasanya bila diolah menjadi masakan pada saat makan. Sayuran memiliki kandungan gizi yang banyak dan pastinya baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini juga yang menjadikan permintaan akan sayuran semakin meningkat.

Pastinya Anda sudah bisa melihat apabila peluang bisnis pada sayuran ini cukup bagus untuk dieksekusi, melihat banyaknya permintaan sayur mayur. Peluang Bisnis sayuran bayam ini juga bisa menjadi bisnis sampingan dengan menggunakan modal kecil dalam memulainya.

Apabila rumah Anda letaknya jauh dari pasar daerah dan di sekitar rumah Anda banyak ibu rumah tangga yang malas pergi ke pasar, ini bisa menjadi peluang emas untuk menjalankan bisnis sayuran bayam. Anda bisa memasok kebutuhan masyarakat akan sayur mayur segar.

Ketika Anda menjalankan usaha sayuran ini, Anda dapat melakukan beberapa cara penjualan, Anda bisa menjajakan sayur mayur di halaman rumah jika memiliki teras atau lahan yang cukup luas dan strategis, menjual sayuran dengan cara keliling, atau membuka toko sayur mayur di tepi jalan. Beberapa cara penjualan sayuran di atas bisa Anda pilih sesuai dengan potensi atau keadaan yang ingin Anda coba.

Apabila Anda mempunyai niat yang tinggi untuk menjalankan usaha sayur mayur, maka Anda harus mengembangakan usaha jualan sayuran ini dengan menyiapkan modal yang memang dibutuhkan. Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis sayur mayur ini tidaklah besar.

Apabila Anda menginginkan bisnis sayuran kecil-kecilan, maka modal minimal yang dibutuhkan ialah sekitar 1 sampai 2 juta. Dengan modal awal tersebut Anda dapat membeli sayur mayur di pasar besar dan membeli banyak aneka jenis sayur mayur yang ingin dijual.

Kemudian bila Anda akan menjual sayur mayur ini di halaman rumah, Anda harus menyiapkan tempat untuk memajang beragam sayuran yang dijual dengan rapi dan bersih, sehingga para konsumen atau tetangga baru mau membelinya.

Baca juga  Bisnis Waralaba Minuman Kopi? Kenapa Tidak?
Kesegaran dari sayuran ini perlu dijaga dengan baik, pastikan bahwa sayuran selalu segar sehingga bisa memikat ibu-ibu membelinya. Apabila Anda akan menyediakan sayur mayur segar yang tahan lama, maka Anda perlu membeli sayuran seperti kentang, wortel, tomat, kubis, paprika, bawang putih, bawang merah dan sayuran lainnya yang bisa bertahan lama.

Untuk mendapatkan sayuran yang segar sebaiknya Anda membeli sayuran ke pasar pusat lebih awal. Anda pun selanjutnya bisa membuka kedai sayur mayur di halaman rumah dengan lebih awal, sebab banyak ibu rumah tangga yang biasa berkeliaran mencari sayuran fresh untuk dimasak.

Supaya dalam memulai bisnis sayur mayur ini dapat berjalan dengan lancar maka perlu melakukan sesuatu supaya bisnis sayuran bayam Anda bisa cepat laku dan dapat bertahan lebih lama, perhatikan beberapa nasehat di bawah ini :

Sediakan tempat usaha yang cukup luas sehingga Anda bisa menyimpan beragam jenis sayuran dan meletakannya dengan bagus supaya memudahkan para konsumen memilih sayuran yang akan dibeli. Sebaiknya Anda menjual sayuran yang lengkap dan berkualitas.

Anda bisa membeli sayur mayur dalam jumlah banyak sekaligus supaya harga belinya lebih terjangkau Anda bisa membeli sayur mayur dengan jumlah yang banyak untuk jenis sayur mayur yang tahan lama supaya bisa mendapatkan harga beli yang lebih murah.

Tentunya untuk membeli sayuran dalam jumlah yang banyak, Anda mesti mempersiapkan penyimpanan yang pas agar sayuran bisa bertahan lama dan terjaga kualitasnya.

Selain menajajakan aneka jenis sayur mayur fresh, alangkah lebih baik lagi bila Anda juga menjajakan daging ayam atau daging sapi. Daging ini dapat Anda letakkan dengan baik di sebuah pendingan. Menjajakan daging dapat menambah kelengkapan usaha sayur mayur yang Anda lakukan. Pendingin ini pun bisa diisi dengan beragam jenis frozen food seperti nugget, sosis, bakso, dan aneka jenis lainnya.

Guna meningkatkan bisnis sayuran bayam Anda menjadi lebih baik, maka akan lebih baik apabila Anda menerima pembelian grosir. Hal ini untuk membantu para ibu rumah tangga yang membutuhkan bahan baku sayur mayur untuk acara di rumahnya. Anda bisa memberikan jasa membelikan sayur mayur yang dibutuhkan untuk menu masakan pada acara tersebut. Tentunya hal ini akan sangat membantu para ibu-ibu karena tidak harus repot-repot belanja ke pasar induk.

Baca juga  Peluang Bisnis Sayuran Hidroponik yang Menjanjikan
Anda harus menyiapkan tempat penampung aneka jenis sayuran fresh dengan kualitas terbaik serta harga yang terjangkau. Jika Anda mampu mempersembahkan pelayanan terbaik dengan menjual aneka sayur mayur berkualitas, maka Anda pun akan dijadikan langganan mereka.

Sebaiknya Anda menyediakan freezer, kulkas atau mesin usaha yang bagus untuk digunakan dalam menyimpan sayur mayur yang tidak bisa tahan lama, agar sayuran tersebut bisa lebih awet dan bisa dijual. Sayur mayur yang masih fresh seperti baru dipetik ini memang memikat para ibu-ibu, sebab sayuran segar ini mempunyai kandungan gizi yang paling baik dan mampu menambah aroma dan rasa dari menu masakan yang dibuat.

Adapun untuk keperluan freezer, kulkas atau mesin usaha, Anda bisa memesannya di Ramesia Mesin. Ramesia Mesin menyediakan aneka jenis mesin pendingin untuk keperluan bisnis Anda.

Demikian tadi merupakan pembahasan mengenai peluang bisnis menggiurkan dari bisnis sayuran bayam. Bila Anda membutuhkan bisnis sampingan, maka bisnis sayuran bayam ini begitu pas untuk Anda, modalnya yang kecil dan proses yang mudah dalam menjual sayuran ini ke masyarakat luas. Mudah-mudahan informasi di atas bisa berguna dan selamat berbisnis.

 

No comments:

Post a Comment

Membuka Usaha Roti Coklat

Mendirikan bisnis pembuatan roti dengan skala rumahan bisa menjadi pilihan untuk Anda yang masih mencari bisnis yang profitabel. Bisnis ruma...